Muh Akbar Jayanto Sam (2022) Penerapan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelolah Waktu Belajar.
Text
JURNAL.pdf Download (244kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Gambaran kemampuan mengelola waktu belajar pada siswa di SMA Negeri 22 Makassar 2) Gambaran pelaksanaan teknik self management di SMA Negeri 22 Makassar 3) Teknik self management dapat meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar di SMA Negeri 22 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Tingkat kemampuan mengelola waktu belajar siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self managemet dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu yaitu rational treatment, mespesifikkan masalah dan menentukan tujuan, membuat komitmen untuk berubah, membuat rancangan dan implementasi, dan evaluasi. Pada saat pelaksanaan teknik self management, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan teknik self management dalam konseling kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar siswa secara signifikan di SMA Negeri 22 Makassar. Kata Kunci : Kemampuan Mengelolah Waktu; Teknik Self Management.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:48 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25284 |
Actions (login required)
View Item |