STRES AKADEMIK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMAN 1 PARE-PARE)

ALIFAH SULAEMAN (2022) STRES AKADEMIK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMAN 1 PARE-PARE).

[img] Text
1744042031_Alifah Sulaeman_Artikel_Ilmiah_Skripsi.pdf

Download (633kB)

Abstract

ALIFAH SULAEMAN, 2021. Stres Akademik selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Pare-Pare). Skripsi. Jurusan Psikokologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Dr. Abdul Saman, M.si, Kons dan Ibu Nur Fadhilah Umar, S.Pd. M.Pd). Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang stres akademik selama covid-19 di SMA Negeri 1 Pare-pare, Kota Pare-pare. Kajian utama dari penelitian ini adalah : (1) Gambaran stress akademik siswa kasus berinisial AAR di SMA Negeri 1 Parepare. (2) Apa faktor-faktor yang menimbulkan stres akademik pada siswa kasus berinisial AAR di SMA Negeri 1 Parepare. (3) Bagaimana upaya penanganan stres akademik pada siswa kasus berinisial AAR di SMA Negeri 1 Parepare. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, menggunakan data primer dan sekunder, dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) Gambaran stress yang dirasakan selama pandemic covid-19 kasus berinisial AAR di SMA Negeri 1 Parepare meliputi sulit berkonsentrasi, prestasi menurun, kehilangan harapan, tidak memiiki prioritas, jenuh, dan berpikir negative. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi stress akademik selama pandemi yaitu faktor eksternal dan internal seperti konflik, tekanan, self implosed, lingkungan fisik, sekolah, dan keluarga. (3) Upaya yang dapat dilakukan terhadap subjek yang mengalami stress akademik adalah dengan pemberian Cognitive Behavioral Therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam mengurangi stress akademik siswa kasus berinisial AAR selama pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Pare-pare. Kata Kunci: Stres Akademik, Pandemi covid-19, Cognitive Behavioral Therapy, Teknik Restrukturisasi Kognitif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:45
Last Modified: 03 Nov 2022 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25283

Actions (login required)

View Item View Item