PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS MELALUI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI SISWA DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

ULFA NUR AZIZAH S (2022) PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS MELALUI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI SISWA DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Ulpaa1-dikonversi.pdf

Download (163kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan untuk mengetahui 1). Gambaran tingkat pemahaman kesehatan reproduksi siswa 2) Gambaran pelaksanaan teknik modeling simbolis melalui video 3) Pelaksanaan teknik modeling simbolis melalui video berpengaruh terhadap pemahaman kesehatan reproduksi siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 53 siswa dan sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol yang masing-masing sebesar 11 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala pemahaman kesehatan reproduksi dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pemahaman kesehatan reproduksi siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat pemahaman kesehatan reproduksi siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah 2) Pelaksanaan teknik modeling simbolis melalui video dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu yaitu rational treatment, penampilan video I, penampilan video II, latihan keterampilan baru, dan evaluasi. Pada saat pelaksanaan teknik modeling simbolis, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada pengaruh tingkat pemahaman kesehatan reproduksi pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik modeling simbolis. Artinya, penerapan teknik modeling simbolis dalam konseling kelompok berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi siswa secara signifikan di SMA Negeri 9 Makassar Kata Kunci: Kesehatan Reproduksi, Modeling Simbolis,Video.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:01
Last Modified: 03 Nov 2022 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item