PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR

ANUGRAH AGUSTINA (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Anugrah Agustina 1644042003.pdf

Download (669kB)

Abstract

ANUGRAH AGUSTINA, 2020. Penerapan Teknik Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 26 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib. M.Si. fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 26 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 26 Makassar? (2) Bagaimana gambaran penerapan teknik Self-Management pada siswa di SMP Negeri 26 Makassar? (3) Apakah teknik Self-Management dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 26 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 26 Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan teknik Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 26 Makassar. (3) Untuk mengetahui apakah teknik Self-Management mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 26 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 26 Makassar yang mengalami kedisiplinan belajar rendah. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan instrument observasi dan skala penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik Self-Management berada pada kategori rendah (2) Pelaksanaan teknik Self-Managemant untuk mengurangi tingkat kedisiplinan belajar pada siswa SMP Negeri 26 Makassar dilaksanakan sebanyak 5 tahap dalam 10 kali pertemuan, Selama pelaksanaan penelitian siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang baik (3) Penerapan teknik self-management dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Self-Management

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:32
Last Modified: 03 Nov 2022 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25263

Actions (login required)

View Item View Item