PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 26 MAKASSAR

ERIL BUDIAWAN (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 26 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Eril budiawan.pdf

Download (783kB)
[img] Text
yang ini Skripsi Eril Budiawan 1644041013.pdf

Download (5MB)

Abstract

ERIL BUDIAWAN, 2021. Penerapan Teknik Shaping untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akadmik siswa di SMPN 2 Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib. M.Si. dan Dr. Abdullah Pandang, M.Pd fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Shaping untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMPN 2 Bantaeng. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMPN 2 Bantaeng? (2) Bagaimana Gambaran Penerapan Teknik Shaping pada siswa di SMPN 2 Bantaeng? (3) Apakah Teknik Shaping dapat Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMPN 2 Bantaeng?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademik pada siswa di SMPN 2 Bantaeng. (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan teknik Shaping untuk megurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMPN 2 Bantaeng. (3) Untuk mengetahui apakah teknik Shaping Mampu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa d SMPN 2 Bantaeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII B SMPN 2 Bantaeng yang mengalami prokrastinasi akademik. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan instrument observasi dan skala penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat Prokrastinasi sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik Shaping berada pada kategori tinggi (2) Pelaksanaan teknik Shaping untuk mengurangi tingkat Prokrastinasi Akademik pada siswa SMPN 2 Bantaeng dilaksanakan sebanyak 6 tahap dalam 10 kali pertemuan,Selama pelaksanaan penelitian siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang baik (3) Teknik Shaping mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 2 Bantaeng. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Shaping

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:01
Last Modified: 03 Nov 2022 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item