Nur Oktapiani (2022) PENERAPANTEKNIKMODELINGSIMBOLISDENGAN MENGGUNAKANFILMUNTUKMENINGKATKANMOTIVASIBELAJARSISWA DIMTS DI BANGKIR.
Text
JURNAL NUR OKTAPIANI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Permasalahandalampenelitianiniyaiturendahnyamotivasibelajarsiswa. Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahui1)Gambaranmotivasibelajar siswa2)Gambaranpelaksanaanmodelingsimbolikdenganmenggunakan film 3)Teknik modeling simbolik dengan menggunakan film dalam meningkatkan motivasibelajar siswa. Penelitian inimenggunakan pendekatankuantitatifdenganmodelquasiexperimentaldesign.Desain Eksperimenyangdigunakanadalahnonequivalentcontrolgroupdesign. PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIsebanyak37siswadan sampelpenelitian sebesar18 siswa yang terbagimenjadikelompok eksperimendankelompokkontrolyangmasing-masingberjumlah9siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumentskala motivasi belajardan pedoman observasi.Analisis data menggunakan analisis statistikdeskriptifdananalisisparametrik,yaituujit.Hasilpenelitian menunjukkanbahwa1)Tingkatmotivasibelajarsiswasaatpretestpada kelompokeksperimendankontrolberadapadakategorirendah.Padasaat posttest,tingkatmotivasibelajarsiswakelompokeksperimenmengalami perubahankekategoritinggidanpadakelompokkontrolberadapada kategorisedang2)Pelaksanaanteknikmodelingsimbolikmelaluifilm dalam konselingkelompokdilaksanakansesuaidenganproseduryang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu rasional treatment, penayangan film,Latihan Keterampilan Baru,dan evaluasi.Selama tahapanteknikmodelingsimbolikmelaluifilm,partisipasisiswaselalu berada pada kategoritinggi.3)Penerapan teknik modeling simbolik melaluifilm berpengaruhdalam meningkatkanmotivasibelajarsiswa secarasignifikandiMTsDDIBangkir KataKunci:motivasibelajar,modelingsimbolik,film
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 01:37 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 01:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25248 |
Actions (login required)
View Item |