PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKANPENGELOLAAN EMOSI MARAH SISWA DI SMP NEGERI 40 MAKASSAR

HERDIYANTI IBRAHIM (2022) PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKANPENGELOLAAN EMOSI MARAH SISWA DI SMP NEGERI 40 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (767kB)
[img] Text
SKRIPSI HERDIYANTI IBRAHIM.pdf

Download (4MB)

Abstract

HERDIYANTI IBRAHIM, 2020 Penerapan teknik Expressive Writting untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah siswa di SMP Negeri 40 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang M.Pd, dan Drs. Suciani Latif M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik Expressive Writing untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah rendah siswa di SMP Negeri 40 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Gambaran perilaku pengelolaan emosi marah rendah siswa CCJ dan SSP sebelum diberikan teknik Expressive Writing, (2) Gambaran pelaksanaan teknik Expressive Writing untuk mengurangi perilaku pengelolaan emosi marah siswa CCJ dan SSP, (3) Gambaran perilaku pengelolaan emosi marah siswa CCJ dan SSPsetelah diberikan teknik Expressive Writing. Penelitian ini merupakan penelitian yang kuantitati dengan jenis penelitian Singel Subject Research. Subjek penelitian sebanyak dua siswa dengan inisial CCJ dan SSP. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskritif dan anlisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku pengelolaan emosi marah rendah siswa kedua subjek yang telah diteliti pada kondisi sebelum diberikan perlakukan masuk dalam ketegori rendah. (2) Penerapan teknik Expressive Writing dilakukan selama 5 kali pertemuan, dimana kedua subjek aktif dalam mengikuti pelaksanaan konseling hingga akhir pertemuan. Adpun dari sisi kemajuan dilihat dari skor tingkat pengelolaan emosi marah siswa rendah yang menunjukkan kecenderungan arah meningkat. (3) perilaku pengelolaan emosimarah rendah siswa kedua subjek pada kondisi setelah diberikan perlakukan masuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: Teknik Expressive Writing, Perilaku Pengelolaan Emosi Marah Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:19
Last Modified: 03 Nov 2022 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25241

Actions (login required)

View Item View Item