PENERAPAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DISMK NEGERI 3 SIDRAP

ANDRY ANSHARI (2022) PENERAPAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DISMK NEGERI 3 SIDRAP.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL- PENERAPAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI .pdf

Download (630kB)
[img] Text
SKRIPSI ANDRY ANSHARI -digabungkan.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan teknik behavioral contract untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMK Negeri 3 Sidrap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “1) Bagaimana gambaran perilaku bolos siswa di SMK Negeri 3 Sidrap, 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik behavioral contract pada siswa di SMK Negeri 3 Sidrap, 3) Apakah teknik behavioral contract dapat mengurangi kebiasaan bolos siswa di SMK Negeri 3 Sidrap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1).Untuk mengetahui gambaran perilaku bolos siswa di SMK Negeri 3 Sidrap, 2)Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik behavioral contract pada siswa di SMK Negeri 3 Sidrap, 3) Untuk mengetahui teknik behavioral contract dapat mengurangi perilaku bolos siswa di SMK Negeri 3 Sidrap. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (single subject research) dengan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa yang mengalami perilaku membolos yang tinggi dengan inisial AP dan AF di SMK Negeri 3 Sidrap. Kesimpulan penelitian ini: 1) Tingkat perilaku membolos pada subjek AP dan AF pada baseline A1 (sebelum diberikan teknik behavioral contract) berada pada kategori tinggi, namun pada baseline A2 (setelah diberi perlakuan yaitu teknik behavioral contract), tingkat perilaku membolos turun dan baerada pada kategori rendah. 2) Pelaksaan teknik behavioral contract untuk mengurangi perilaku membolos siswa ketika diberikan kepada subjek AP dan AF siswa SMK Negeri 3 SIDRAP dilaksanakan sebanyak 5 tahap dalam sebelas kali pertemuan dan berjalan sesuai skenario. Adapun kelima tahapnya, yaitu 1). memilih tingkah laku yang akan diubah dengan melakukan analisis ABC (Anteseden, Behavior, Conseqeuences), 2). menentukan data awal (tingkah laku yang akan diubah), 3). menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan, 4). memberikan reinforcement setiap kali tingkah laku yang diinginkan ditampilkan sesuai jadwal kontrak, 5). memberikan penguatan setiap saat tingkah laku yang ditampilkan menetap. Selama proses pemberian perlakuan menggunakan teknik behavioral contract, partisipasi subjek AP dan AF dalam kategori tinggi. 3) Dengan membandingkan kondisi pada saat baseline A1 dan Baseline A2, terlihat adanya penurunan pada skor perilaku membolos subjek AP dan AF sehingga disimpulkan bahwa teknik behavioral contract dapat mengurangi peilaku membolos siswa di SMK Negeri 3 Sidrap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 00:56
Last Modified: 03 Nov 2022 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item