PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKUAGRESIF SISWA DI SMPN 1 TAROWANG

AULIA EKAWATI AMNUR (2022) PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKUAGRESIF SISWA DI SMPN 1 TAROWANG.

[img] Text
Skripsi Aulia Ekawati Amnur 1644040004 BK FIP UNM (2).pdf

Download (6MB)

Abstract

Aulia Ekawati Amnur, 2020. Penerapan Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa di SMPN 1 Tarowang Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah efektivitas teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang ? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang ? (3) Apakah teknik role playing dapat mengurangi perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang, (2) Gambaran pelaksanaan penerapan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang, (3) Evektivitas teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model Quasi Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa tingkatan kelas VIII SMPN 1 Tarowang sebanyak 40 siswa dan sampel penelitian sebesar 12 siswa yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen yang masing-masing berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala perilaku agresif dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Selama pelaksanaan teknik role playing siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang sangat tinggi dan tinggi, (2) Tingkat perilaku agresif siswa sebelum diberikan teknik role playing berada pada kategori tinggi, (3) Penerapan teknik role playing dapat mengurangi perilaku agresif siswa di SMPN 1 Tarowang. Kata Kunci : Role Playing, Perilaku Agresif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:50
Last Modified: 02 Nov 2022 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25220

Actions (login required)

View Item View Item