Triutami KS. (2022) PENERAPAN TEKNIK STRESS INOCULATION TRAINING (SIT) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA SISWA DI DEPANUMUM DI SMA NEGERI 6 LUWU UTARA.
Text
Triutami KS_1644040006.pdf Download (5MB) |
Abstract
Triutami KS. 2020. Penerapan teknik Stress Inoculation Training (SIT) untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Umum di SMA Negeri 6 Luwu Utara. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Suciani Latif S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kecemasan berbicara siswa di depan umum sebelum dan setelah diberikan Teknik Stress Inoculation Training di SMA Negeri 6 Luwu Utara, (2) Gambaran pelaksanaan Teknik Stress Inoculation Training untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan umum di SMA Negeri 6 Luwu Utara, dan (3) Penerapan Teknik Stress Inoculation Training dapat mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan umum di SMA Negeri 6 Luwu Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen dengan model true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Luwu Utara, tahun ajaran 2019/2020 yang teridentifikasi mengalami kecemasan berbicara di depan umum yaitu sebanyak 45 siswa IPA dan IPS. Sampel penelitian sebanyak 10 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 5 orang kelompok eksperimen dan 5 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kecemasan berbicara dan observasi. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata kecemasan berbicara di depan umum kelompok eksperimen sebelum diberikan teknik Stress Inoculation Training yaitu sebesar 122,2 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan skor rata-rata setelah diberikan teknik Stress Inoculation Training sebesar 57,00 berada pada ketegori sangat rendah yang berarti kecemasan berbicara siswa di depan umum mengalami penurunan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t = 21.072 dan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ α 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian ada perbedaan signifikan kecemasan berbicara siswa di depan umum pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kata Kunci: Stress Inoculation Training, kecemasan berbicara, konseling kelompok
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:36 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25216 |
Actions (login required)
View Item |