ANALISIS DAN PENANGANAN PERILAKU KECENDERUNGAN CINDERELLA COMPLEX (STUDI KASUS DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

MUHAMMAD AFIQ FAUZAN (2022) ANALISIS DAN PENANGANAN PERILAKU KECENDERUNGAN CINDERELLA COMPLEX (STUDI KASUS DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Afiq Fauzan, 2020. Skripsi. Analisis dan Penanganan Perilaku Kecenderungan Cinderella Complex (Studi Kasus di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar). Dibimbing oleh bapak Dr. Abdul Saman. M.Si., Kons dan bapak Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terhadap 1 orang Mahasiswi yang mengalami Cinderella Complex di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Gambaran umum perilaku kecenderungan Cinderella Complex pada seorang mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku kecenderungan Cinderella Complex pada seorang mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (3) Upaya yang dapat dilakukan mahasiswi yang mengalami perilaku kecenderungan Cinderella Complex pada seorang mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) gambaran kecenderungan perilaku Cinderella Complex pada seorang mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssar merujuk pada mahasiswi tersebut lebih banyak mengharapkan pengarahan atau pertolongan dari laki-laki atau orang lain. (2) faktor-faktor yang menyebabkan kecenderungan perilaku Cinderella Complex pada seorang mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar yakni pola asuh yang diterapkan dalam keluarganya, dan juga konsep diri. (3) Upaya yang dapat dilakukan mahasiswi yang mengalami kecenderungan perilaku Cinderella Complex pada seorang mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yakni dilakukan dengan menggunakan teknik Restrukturisasi Kognitif dimana dapat mengurangi kecenderungan perilaku Cinderella Complex pada mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci: Cinderella Complex dan Teknik Restrukturisasi Kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:55
Last Modified: 02 Nov 2022 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item