PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR

SRI RAHAYU MUSTAFA (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR.

[img] Text
SRI RAHAYU MUSTAFA.pdf

Download (12MB)

Abstract

SRI RAHAYU MUSTAFA, 2019. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi DIri Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 13 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. dan Prof. Dr Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas di SMP Negeri 13 Makassar 2) Gambaran pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif di SMP Negeri 13 Makassar 3) Apakah teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model True Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Adapun variable bebas penelitian ini adalah teknik restrukturisasi kognitif dan variabel terikatnya adalah efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 62 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala efikasi diri dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui tujuh tahapan yaitu identifikasi, menyadarkan konseli tentang proses berpikirnya, periksa proses berpikir rasional konseli, mengevaluasi keyakinan konseli, mengubah keyakinan serta asumsi internal konseli, mengulang proses berpikir rasional konseli, serta tugas rumah dan tindak lanjut. Selama pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif, tingkat partisipasi siswa berada pada kategori sangat tinggi. 3) Ada perbedaan antara nilai rata-rata efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas pada kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan teknik restrukturisasi kognitif signifikan dapat meningkatkan efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas di SMP Negeri 13 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:24
Last Modified: 02 Nov 2022 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25196

Actions (login required)

View Item View Item