PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENGURANGI TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 8 MODEL BULUKUMBA

Magfiratul Hidayah (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENGURANGI TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 8 MODEL BULUKUMBA.

[img] Text
MAGFIRATUL HIDAYAH_ 1544041008.pdf

Download (11MB)

Abstract

Magfiratul Hidayah, 2019. Penerapan Teknik Self Instruction Dalam Mengurangi Tingkat Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dan Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self instruction dalam mengurangi tingkat stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Model Bulukumba? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik self instruction di SMA Negeri 8 Model Bulukumba? (3) Apakah teknik self instruction dapat mengurangi stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran tingkat stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Model Bulukumba (2) Gambaran pelaksanaan teknik self instruction di SMA Negeri 8 Model Bulukumba (3) Apakah teknik self instruction dapat mengurangi stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model True Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Adapun variabel bebas penelitian ini adalah teknik self instruction dan variabel terikatnya adalah stres akademik. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X sebanyak 75 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala stres akademik dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat stres akademik siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat stres akademik siswa pada kelompok eksperimen berada pada kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan teknik self instruction dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui enam tahap sesuai skenario. Selama pelaksanaan teknik self instruction, tingkat partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. (3) ada perbedaan antara nilai rata-rata stres akademik siswa pada kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik self instruction dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan teknik self instruction dapat mengurangi stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Model Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:08
Last Modified: 02 Nov 2022 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item