PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI PERFEKSIONISME DALAM PENYELESAIAN TUGAS SEKOLAH SISWA DI SMA NEGERI 2 MAKASSAR

RIA MURTI NASAR (2022) PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI PERFEKSIONISME DALAM PENYELESAIAN TUGAS SEKOLAH SISWA DI SMA NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
RIA MURTI NASAR_1544041014.pdf

Download (10MB)

Abstract

RIA MURTI NASAR, 2019. Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Perfeksionisme dalam Penyelesaian Tugas Sekolah Siswa di SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Dr.Abdullah Pandang, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Perfeksionisme dalam Penyelesaian Tugas Sekolah Siswa di SMA Negeri 2 Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Bagaimana gambaran perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah siswadi SMA Negeri 2 Makassar?, 2. Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Thought Stopping untuk mengurangi perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah di SMA Negeri 2 Makassar?, 3.Apakah penerapan teknik Thought Stopping dapat mengurangi perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah di SMA Negeri 2 Makassar?. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Mengetahui gambaran perfeksionisme penyelesaian tugas sekolah siswa di SMA Negeri 2 Makassar. 2. Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik thought stopping dalam mengurangi perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah di SMA Negeri 2 Makassar. 3. Mengetahui apakah teknik Thought Stopping dapat mengurangi perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah di SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model True-Experimental Design, desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design terhadap 20 sampel penelitian yang merupakan siswa SMAN 2 Makassar yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu eksperimen dan kontrol, yang ditentukan dengan teknik Proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial untuk menguji hipotesis. Tingkat perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah siswa di SMA Negeri 2 Makassar setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen menunjukkan terjadi perubahan dari tingkat perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah tinggi menjadi kategori sedang. Sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan menunjukkan tidak terjadi perubahan berarti. Penerapan teknik thought stopping dapat mengurangi perfeksionisme dalam penyelesaian tugas sekolah siswa di SMA Negeri 2 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:39
Last Modified: 02 Nov 2022 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item View Item