PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DENGAN RESPONSE COST SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL AMAN GOMBARA MAKASSAR

Nurul Mutmainnah (2022) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DENGAN RESPONSE COST SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL AMAN GOMBARA MAKASSAR.

[img] Text
Skripsi Innah Lengkap.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurul Mutmainnah, 2019. Penerapan Teknik Token Economy dengan Response Cost System untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M. Pd dan Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M. Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik token economy dengan response cost system untuk meningkatkan kedisiplinan santri dalam melaksanakan kegiatan shalat berjamaah di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran kedisiplinan shalat berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik token economy dengan response cost system untuk meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah santri? (3) Apakah penerapan teknik token economy dengan response cost system dapat meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah santri? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran kedisiplinan shalat berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar, (2) Gambaran pelaksanaan teknik token economy dengan response cost system dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah santri, (3) Teknik token economy dengan response cost system dapat meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research. Subjek penelitian sebanyak 2 santri dengan inisial M dan AF. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan shalat berjamaah sebelum diberikan teknik token economy berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik token economy dengan response cost system dilakukan selama 3 minggu dengan pemberian token 5 hari acak dalam seminggu dengan 5 tahap sesuai skenario. Pada sesi pertama pengukuran dalam kondisi intervensi (B) jauh meningkat dibandingkan pada sesi sebelumnya lalu kemudian grafik terus meningkat hingga akhir pemberian perlakuan. (3) Penerapan teknik token economy dengan response cost system meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:24
Last Modified: 02 Nov 2022 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25183

Actions (login required)

View Item View Item