PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 MAKASSAR

IDAMAYANTI BJ (2022) PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
IDAMAYANTI BJ.pdf

Download (4MB)

Abstract

IDAMAYANTI BJ, 2019. Penerapan Teknik Expressive Writing untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. dan Prof. Dr Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat stres akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran stres akademik pada siswa di SMP Negeri 1 Makassar 2) Gambaran pelaksanaan teknik expressive writing di SMP Negeri 1 Makassar 3) Apakah teknik expressive writing dapat menurunkan stres Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model True Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group design. Adapun variable bebas penelitian ini adalah teknik expressive writing dan variabel terikatnya adalah stres akademik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 47 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala stres akademik dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat stres akademik siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat stres akademik siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik expressive writing dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu recognition/initial write, examination/write exescise, Juxtapotitin/feedback, aplication to the self dan evaluasi. Selama pelaksanaan teknik expressive writing, tingkat partisipasi siswa berada pada kategori sangat tinggi. 3) Ada perbedaan antara nilai rata-rata stres akademik pada kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik expressive writing dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan teknik expressive writing dapat menurunkan secara signifikan stres akademik siswa di SMP Negeri 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:42
Last Modified: 02 Nov 2022 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25179

Actions (login required)

View Item View Item