KECANDUAN GAME ONLINE DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA)

MUH. HAJAR ISMAN (2022) KECANDUAN GAME ONLINE DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA).

[img] Text
ilovepdf_merged (2).pdf

Download (8MB)

Abstract

Muh. Hajar Isman, 2019. Skripsi. Kecanduan Game Online dan Penanganannya (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Sungguminasa). Dibimbing oleh Bapak Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Bapak Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kecanduan bermain game online merupakan aktivitas bermain yang dilakukan secara berlebihan dan cenderung mengganggu kehidupan sehari-hari. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran perilaku kecanduan game online yang terjadi di SMP Negeri 2 Sungguminasa? (ii) Faktor-faktor apakah yang menyebabkan siswa mengalami perilaku kecanduan game online di SMP Negeri 2 Sungguminasa? (iii) Apakah teknik kontrak perilaku dapat mengurangi kecanduan game online yang dialami oleh siswa di SMP Negeri 2 Sungguminasa?. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran perilaku kecanduan game online yang terjadi di SMP Negeri 2 Sungguminasa; (ii) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami perilaku kecanduan game online di SMP Negeri 2 Sungguminasa; (iii) Untuk mengetahui efektivitas teknik kontrak perilaku dalam mengurangi kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa SMP Negeri 2 Sungguminasa yang teridentifikasi mengalami kecanduan bermain game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Subjek penelitian menunjukkan gejala kecanduan bermain game online yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden penelitian dan hasil observasi (ii) Faktor penyebab subjek penelitian mengalami kecanduan bermain game online yaitu interaksi dengan orang-orang sekitarnya, serta faktor pelarian diri dan tingkat ketagihan bermain game online yang tinggi (iii) Teknik kontrak perilaku dinilai efektiv dalam penanganan kasus perilaku kecanduan game online dimana kasus menunjukkan adanya perubahan perilaku bermain game online yang cenderung menurun dari hari ke hari. Kata Kunci: Kecanduan game online

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:44
Last Modified: 02 Nov 2022 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25161

Actions (login required)

View Item View Item