MEYSKE VRISKILIA UTAMI (2022) PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 PAREPARE.
Text
MEYSKE VRISKILIA UTAMI.pdf Download (8MB) |
Abstract
MEYSKE VRISKILIA UTAMI, 2019. Penerepan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Parepare. Dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa SMP Negeri 5 Parepare. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 5 Parepare? (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanann teknik mind mapping untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 5 Parepare? (3) Apakah penerapan Teknik Mind Mapping dapat meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 5 Parepare? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) gambaran kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 5 Parepare (2) gambaran pelaksanaan teknik mind mapping untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 5 Parepare (3) untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 5 Parepare dengan menggunakan teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare sebanyak 36 siswa. Sampel penelitian sebanyak 12 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 5 Parepare sebelum diterapkan teknik mind mapping berada pada kategori “rendah”. (2) Pelaksanaan teknik mind mapping yang terdiri dari 3 tahapan yang sama pada setiap pertemuannya dan berjalan sesuai dengan skenario yaitu, tahap pertama persiapan dengan memaparkan langkah-langkah teknik mind mapping serta latihan membuat mind mapping. Tahap kedua yaitu memaparkan hasil mind mapping yang telah dibuat. Tahap ketiga yaitu evaluasi atau tidak lanjut yaitu menyimpulkan hasil kegiataan yang telah dilaksanakan, (3) Penerapan teknik mind mapping secara signifikan dapat meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 5 Parepare.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:47 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25138 |
Actions (login required)
View Item |