ANUGERAH FITRA DEWI (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 ALLA KAB. ENREKANG.
Text
1.SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.doc Download (142kB) |
|
Text
3.BAB I.doc Download (43kB) |
|
Text
4.BAB II.doc Download (96kB) |
|
Text
5.BAB III.doc Download (109kB) |
|
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.doc Download (35kB) |
|
Text
15.9Hasil Analisis Uji Lapangan.doc Download (169kB) |
|
Spreadsheet
16.10Hasil Pretest kelompok eksperimen.xlsx Download (13kB) |
|
Spreadsheet
17.11Hasil Posttestt kelompok eksperimen.xlsx Download (13kB) |
|
Text
18.12data penelitian.doc Download (56kB) |
|
Text
19.13a hasil analisis statistik.doc Download (110kB) |
|
Text
20.13b. uji hipotesis.doc Download (40kB) |
Abstract
ANUGERAH FITRA DEWI. 2016. Penerapan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Alla. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh.Ibrahim, M.Si dan Prof. Dr. Arifin Ahmad, M.A. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Alla. Masalah utama penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik self management di SMP Negeri 2 Alla?. 2. Bagaimanakah gambaran kedisiplinan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Manajemen diri (self management) di SMP Negeri 2 Alla?. 3. Apakah penerapan teknik manajemen diri (self management) dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Alla?.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran pelaksanaan teknik self management di SMP Negeri 2 Alla. 2. Gambaran kedisiplinan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Manajemen diri (self management) di SMP Negeri 2 Alla?. 3. Penerapan teknik manajemen diri (self management) dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Alla Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre experimental design. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Alla pada tahun ajaran 2015/2016. Jumlah populasi sebanyak 52 siswa dan jumlah sampel penelitian sebanyak 15 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan self management dibagi menjadi tiga bagian yakni pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi dan terminasi. Pada bagian pelaksanaan dibagi menjadi empat tahapan yaitu self monitoring, self control, stimulus control dan self punnisment. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi perubahan yang cukup signifikan pada kelompok penelitian setelah diberikan perlakuan berupa self management. 2. Tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Alla sebelum perlakuan (Pretest) pada umumnya berada pada kategori rendah. Namun, setelah siswa diberi teknik self management menunjukkan perubahan yang signifikan dari tingkat kedisiplinan belajar yang rendah menjadi kedisiplinan belajar yang tinggi. 3. Penerapan teknik self management dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Alla.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24590 |
Actions (login required)
View Item |