PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MEREDUKSI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI MAN 1 MAKASSAR

NURUL PUADAH (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MEREDUKSI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI MAN 1 MAKASSAR.

[img] Text
1.halaman judul.docx

Download (158kB)
[img] Text
2.persetujuann.docx

Download (28kB)
[img] Text
3.pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
4.Motto dan Persembahan.docx

Download (17kB)
[img] Text
5.abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
6.prakata fix.docx

Download (25kB)
[img] Text
7.daftar isi nurul.docx

Download (22kB)
[img] Text
9.DAFTAR TABEL.docx

Download (18kB)
[img] Text
8.DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 16 cara mengubah self talk.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 17 lembar evaluasi diri.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 18 lembar komentar.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 19 dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

NURUL PUADAH, 2015. Penerapan Teknik Self Talk Untuk Mereduksi Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Di MAN 1 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M. Pd, dan Drs. Muhammad Anas, M. Si, : Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self talk untuk mereduksi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu (1) Bagaimanakah gambaran tingkat kecenderungan perilaku agresif siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self talk pada siswa di MAN 1 Makassar? (2) Bagaimanakah penerapan teknik self talk dalam mengurangi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kecenderungan perilaku agresif siswa sebelum dan setelah di berikan perlakuan berupa teknik self talk pada siswa di MAN 1 Makassar. (2) Untuk mengetahui penerapan teknik self talk dalam mengurangi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimen design. Subjek penelitian ini adalah 7 orang yang merupakan siswa kelas XI di MAN 1 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik self talk untuk mereduksi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar di laksanakan selama 5 tahap. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu tingkat kecenderungan perilaku agresif siswa dapat direduksi terlihat dari perilaku siswa yang sudah mampu mengontrol kecenderungan perilaku agresifnya, mengandalkan self talk positifnya sebelum mengambil tindakan, peningkatan kesadaran diri, perubahan pemikiran yang lebih positif, dan keyakinan yang lebih rasional dalam memandang suatu permasalahan, mampu mengendalikan emosi dan perilaku yang tidak sehat. (2) Tingkat kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik self talk berada pada kategori tinggi, namun setelah diberi perlakuan berupa self talk tingkat kecenderungan perilaku agresif berada pada kategori rendah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:41
Last Modified: 05 Sep 2022 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item