SISWA YANG TERISOLIR DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 ENREKANG)

YUYUN YULANDA (2022) SISWA YANG TERISOLIR DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 ENREKANG).

[img] Text
Sampul luar.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (126kB)
[img] Text
Bab I.doc

Download (58kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (124kB)
[img] Text
Bab III.doc

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran Yuyun.docx

Download (13kB)
[img] Text
tabulasi sosiometri - XI MIA 4.doc

Download (154kB)
[img] Text
9. HASIL KONSELING INDIVIDUAL IFS.doc

Download (64kB)
[img] Text
10. HASIL WAWANCARA ORANG TUA AF ok.doc

Download (25kB)
[img] Text
11. HASIL WAWANCARA ORANG TUA IFS.doc

Download (25kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.doc

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP yuyun.docx

Download (50kB)

Abstract

YUYUN YULANDA. 2015. Skripsi. Siswa Yang Terisolir Dan Penanganannya (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Enrekang). Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Drs. H. Muh. Ibrahim, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Enrekang dengan jumlah 2 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran siswa yang terisolir di SMA Negeri 1 Enrekang (2) Penanganan siswa yang terisolir di SMA Negeri 1 Enrekang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh. (1). Keterisoliran kedua konseli termasuk pada keterisoliran yang tinggi. Hal tersebut ditandai dengan dengan ditolaknya konseli dalam pergaulan, konseli yang pendiam dan pemalu serta tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya. (2) Penanganan siswa yang terisolir di SMA Negeri 1 Enrekang dengan menerapkan treatmen berupa konseling trait and factor. Proses pelaksanaannya terdiri dari melakukan analisis atau pengumpulan data yang relevan dari konseli, sintesis atau merangkum data konseli sehingga menggambarkan keseluruhan pribadi konseli, diagnosis atau mengumpulkan semua masalah konseli dan sebab-sebabnya, prognosis atau kemungkinan-kemungkinan yang terjadi berdasarkan data yang ada, konseling atau keseluruhan proses pemberian bantuan, dan tindak lanjut atau bantuan kepada konseli apabila timbul masalah baru dan evaluasi terhadap pelaksanaan konseling. Hasil penanganan dengan konseling trait and factor menunjukkan konseli telah memperbaiki perilakunya baik itu dalam belajar maupun dalam bergaul sehingga keterisoliran konseli teratasi. Adapun rekomendasi untuk sekolah adalah menerapkan konseling trait and factor pada permasalahan-permasalahan siswa yang berkaitan dengan bidang pribadi, sosial dan belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:08
Last Modified: 02 Sep 2022 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item