YUYUN YULANDA (2022) SISWA YANG TERISOLIR DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 ENREKANG).
Text
Sampul luar.docx Download (26kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (126kB) |
|
Text
Bab I.doc Download (58kB) |
|
Text
Bab II.doc Download (124kB) |
|
Text
Bab III.doc Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
Lampiran Yuyun.docx Download (13kB) |
|
Text
tabulasi sosiometri - XI MIA 4.doc Download (154kB) |
|
Text
9. HASIL KONSELING INDIVIDUAL IFS.doc Download (64kB) |
|
Text
10. HASIL WAWANCARA ORANG TUA AF ok.doc Download (25kB) |
|
Text
11. HASIL WAWANCARA ORANG TUA IFS.doc Download (25kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.doc Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP yuyun.docx Download (50kB) |
Abstract
YUYUN YULANDA. 2015. Skripsi. Siswa Yang Terisolir Dan Penanganannya (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Enrekang). Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Drs. H. Muh. Ibrahim, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Enrekang dengan jumlah 2 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran siswa yang terisolir di SMA Negeri 1 Enrekang (2) Penanganan siswa yang terisolir di SMA Negeri 1 Enrekang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh. (1). Keterisoliran kedua konseli termasuk pada keterisoliran yang tinggi. Hal tersebut ditandai dengan dengan ditolaknya konseli dalam pergaulan, konseli yang pendiam dan pemalu serta tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya. (2) Penanganan siswa yang terisolir di SMA Negeri 1 Enrekang dengan menerapkan treatmen berupa konseling trait and factor. Proses pelaksanaannya terdiri dari melakukan analisis atau pengumpulan data yang relevan dari konseli, sintesis atau merangkum data konseli sehingga menggambarkan keseluruhan pribadi konseli, diagnosis atau mengumpulkan semua masalah konseli dan sebab-sebabnya, prognosis atau kemungkinan-kemungkinan yang terjadi berdasarkan data yang ada, konseling atau keseluruhan proses pemberian bantuan, dan tindak lanjut atau bantuan kepada konseli apabila timbul masalah baru dan evaluasi terhadap pelaksanaan konseling. Hasil penanganan dengan konseling trait and factor menunjukkan konseli telah memperbaiki perilakunya baik itu dalam belajar maupun dalam bergaul sehingga keterisoliran konseli teratasi. Adapun rekomendasi untuk sekolah adalah menerapkan konseling trait and factor pada permasalahan-permasalahan siswa yang berkaitan dengan bidang pribadi, sosial dan belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 07:08 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 07:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24544 |
Actions (login required)
View Item |