PENERAPAN PROBLEM FOCUSED COPING (PFC) UNTUKMENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ANGGERAJA

NURHAMIDA SULAIMAN (2022) PENERAPAN PROBLEM FOCUSED COPING (PFC) UNTUKMENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ANGGERAJA.

[img] Text
SAMPUL S K R I P S I.docx

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak, daftar isi dll new.doc

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (109kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (45kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
13. Analisis Statistik.doc

Download (187kB)
[img] Spreadsheet
14. Hasil Pedoman Observasi.xlsx

Download (13kB)
[img] Text
15. Analisis persentasi observasi.doc

Download (73kB)
[img] Text
17. Dokumentasi Penelitian Midha.doc

Download (37MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (5MB)

Abstract

NURHAMIDA SULAIMAN. 2015. Skripsi. Penerapan Problem Focused Coping (PFC) Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa Di Sma Negeri 1 Anggeraja. Dibimbing oleh Abdullah Pandang dan Arifin Ahmad. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Problem Focused Coping (PFC) Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 1 Anggeraja. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan Problem Focused Coping di SMA Negeri 1 Anggeraja. 2. Bagaimanakah gambaran stres akademik sebelum dan sesudah diberikan Problem Focused Coping baik pada kelompok eksperimen dan kelompok control di SMA Negeri 1 Anggeraja. 3. Apakah Problem Focused Coping dapat menurunkan sters akademik Siswa di SMA Negeri 1 Anggeraja. Tujuan Penelitian ini adalah:1. Mengetahui gambaran pelaksanaan Problem Focused Coping di SMA Negeri 1 Anggeraja. 2.Mengetahui gambaran stres akademik sebelum dan sesudah diberikan Problem Focused Coping baik pada kelompok eksperimen dan kelompok control di SMA Negeri 1 Anggeraja. 3.Apakah Problem Focused Coping dapat menurunkan stres akademik Siswa di SMA Negeri 1 Anggeraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian terhadap 20 subjek penelitian siswa di SMA Negeri 1 Anggeraja pada tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi 10 siswa pada kelompok eksperimen dan 10 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan dibagi menjadi tiga bagian yakni pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi dan terminasi. Pada bagian pelaksanaan Problem focused Coping dilakukan dengan tiga kali pertemuan yaitu pertemuan pertama rasionalisasi bantuan (active coping dan planning) : mengungkapkan masalah stres akademik yang dialami siswa dan mulai melakukan perubahan untuk menurunkan stress akademi siswa ,pertemuan kedua penundaan terhadap aktivitas lain yang saling bersaing, pengekangan diri : focus dengan planning yang direncanakan dan pelaksanaanya sesuai dengan tahapan yang telah disepakati dengan siswa, dan pertemuan ketiga mencari dukungan social : meminta nasehat/informasi kepada orang tua, keluarga dan teman-temannya. 2. Tingkat stres akademik siswa di SMA Negeri 1 Anggeraja sebelum perlakuan (Pretest) baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Namun, siswa yang telah diberikan Problem Focused Coping menunjukkan perubahan dari tingkat stres akademik yang tinggi menjadi kategori rendah, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan berupa Problem Focused Coping tidak menunjukkan perubahan berarti atau tetap dalam kategori tinggi. 3. Penerapan Problem Focused Coping dapat menurunkan secara signifikan stres akademik siswa di SMA Negeri 1 Anggeraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:54
Last Modified: 02 Sep 2022 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item