RUSBIANTO RANI (2022) RUSBIANTO RANI, 2015. Pengaruh Teknik Solution Focused Brief Counseling Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 5 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M. Pd dan Dr. Abdullah Sinring, M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh teknik solution focused brief counseling untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang. Permasalahan yang dikaji yaitu (1). Bagaimana teknik solution focused brief dalam mereduksi tingkat prokrtastinasi akademik siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan di SMA Negeri 5 Pinrang ? (2). Apakah teknik solution focused brief counseling dapat berpengaruh dalam mereduksi perilaku prokrtastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang ? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui teknik solution focused brief counseling dalam mereduksi tingkat prokrtastinasi akademik siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik solution focused brief counseling. (2). Untuk mengetahui apakah teknik solution focused brief counseling dapat berpengaruh dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan model penelitian Pre-Experiment design dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Subjek penelitian ini dengan populasi 30 siswa dan ditarik sampel berdasarkan teknik proporsional random sampling yaitu sebanyak 12 siswa yang merupakan siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 SMA Negeri 5 Pinrang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sebelum diberikan teknik solution focused brief counseling tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan tingkat indisiplin belajar siswa berada pada kategori rendah. (2). Ada pengaruh positif dari teknik solution focused brief counseling dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang.
Text
0.halaman sampul.docx Download (152kB) |
|
Text
1.halaman judul.docx Download (155kB) |
|
Text
4 penyataan keaslian.doc Download (40kB) |
|
Text
3 Motto dan Persembahan.docx Download (14kB) |
|
Text
5.abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
6 7 8.prakata fix.docx Download (20kB) |
|
Text
9 daftar isi msih mau diedeit.docx Download (19kB) |
|
Text
13.DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
11DAFTAR GAMBAR.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (55kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (140kB) |
|
Text
bab III.doc Download (117kB) |
|
Text
dapus.doc Download (34kB) |
|
Text
lapiran 14,15 - Data Pretest dan Posttest.docx Download (33kB) |
|
Text
lapiran 16, 17 hasil pretest dan postest.docx Download (56kB) |
|
Text
lapiran 18 Gain Skor.docx Download (21kB) |
|
Text
lapiran 19 pedoman observasi.docx Download (33kB) |
|
Text
lapiran 20hasil data observasi.docx Download (41kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP fix.docx Download (138kB) |
Abstract
RUSBIANTO RANI, 2015. Pengaruh Teknik Solution Focused Brief Counseling Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 5 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M. Pd dan Dr. Abdullah Sinring, M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh teknik solution focused brief counseling untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang. Permasalahan yang dikaji yaitu (1). Bagaimana teknik solution focused brief dalam mereduksi tingkat prokrtastinasi akademik siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan di SMA Negeri 5 Pinrang ? (2). Apakah teknik solution focused brief counseling dapat berpengaruh dalam mereduksi perilaku prokrtastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang ? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui teknik solution focused brief counseling dalam mereduksi tingkat prokrtastinasi akademik siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik solution focused brief counseling. (2). Untuk mengetahui apakah teknik solution focused brief counseling dapat berpengaruh dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan model penelitian Pre-Experiment design dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Subjek penelitian ini dengan populasi 30 siswa dan ditarik sampel berdasarkan teknik proporsional random sampling yaitu sebanyak 12 siswa yang merupakan siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 SMA Negeri 5 Pinrang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sebelum diberikan teknik solution focused brief counseling tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan tingkat indisiplin belajar siswa berada pada kategori rendah. (2). Ada pengaruh positif dari teknik solution focused brief counseling dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 02:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 02:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24536 |
Actions (login required)
View Item |