M. AMIRULLAH. (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK SISWA DI SMAN 1SUNGGUMINASA KAB. GOWA.
Text
1. HALAMAN DEPAN.docx Download (68kB) |
|
Text
2. ISI.docx Download (114kB) |
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
4. LAMPIRAN.docx Download (1MB) |
|
Text
5. RIWAYAT HIDUP.docx Download (30kB) |
Abstract
M. AMIRULLAH. 2015. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotif Behavior Untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Siswa Di SMAN 1 Sungguminasa, Kab. Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Kulasse Kanto, M.Pd dan Dr. Farida Ariyani S.Pd, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah mengenai masalah kecemasan akademik siswa di SMAN 1 Sungguminasa, Kab. Gowa. melalui konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif behavior. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Masalah penelitian ini adalah : 1). Bagaimana gambaran umum kecemasan akademik siswa sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok dengan pendekatan Rasional Emotif Behavior di SMAN 1 Sungguminasa, Kab. Gowa 2). Apakah terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rasional Emotif Behavior untuk mereduksi kecemasan akademik siswa di SMAN 1 Sungguminasa, Kab Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Untuk mengetahui gambaran umum kecemasan akademik siswa sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok dengan pendekatan Rasional Emotif Behavior di SMAN 1 Sungguminasa, Kab. Gowa 2). Mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rasional Emotif Behavior untuk mereduksi kecemasan akademik siswa di SMAN 1 Sungguminasa, Kab Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre Eksperimental Design. Populasi penelitian 88 orang dan Sampel penelitian 12 orang yang merupakan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungguminasa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecemasan akademik siswa di SMAN 1 Sungguminasa sebelum diberi perlakuan, berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan tingkat kecemasan akademik siswa berada pada kategori sedang. (2) Konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif behavior berpengaruh positif untuk mereduksi kecemasan akademik siswa di SMAN 1 Sungguminasa, Kab. Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 06:57 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 06:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24528 |
Actions (login required)
View Item |