Pengaruh Self-directed Learning dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

R., Ruslan and Rusli, Rusli and R., Rusdi (2017) Pengaruh Self-directed Learning dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 1 (2).

[img] Text
Vol 1, No 2 (2017) Ruslan.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Peer Review Self Direct IMED.pdf

Download (980kB)
[img] Text (Korespondensi)
#9475 Review.pdf

Download (720kB)
[img] Text (Turnitin)
Pengaruh Self-directed Learning dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-directed Learning (SDL) dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada salah satu SMA Negeri di Sulawesi Selatan tahun ajaran 2017/2018 dengan total 638 siswa. Sebesar 180 sampel diambil menggunakan teknik disproportionated stratified random sampling, dengan ukuran sampel tiap tingkatan kelas sebesar 60 sampel. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen skala bertingkat Self-rating Scale of Self-directed Learning(SRSSDL), angket disposisi matematis, dan tes hasil belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat SDL siswa berada pada kategori sedang, disposisi matematis siswa berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah. SDL dan disposisi matematis secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, dimana sebesar 18,66% dari hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh variabel SDL dan disposisi matematis secara bersama-sama. Secara parsial, variabel SDL mempengaruhi hasil belajar sebesar 5,38% dan variabel disposisi matematis mempengaruhi hasil belajar sebesar 4%. Setiap penambahan satu skor pada SDL akan memberikan peningkatan sebesar 0,164 terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan penambahan satu skor disposisi matematis akan memberikan peningkatan sebesar 0,281 terhadap hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Ansari Saleh Ahmar
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:03
Last Modified: 06 Dec 2022 22:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item