Syamsiah, Syamsiah and Adnan, Adnan and Suhriana, Suhriana (2012) Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Jurnal Sainsmat, 1 (1). pp. 100-108. ISSN 2086-6755
Text (Dokumen)
19. Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi.pdf Download (236kB) |
|
Text (Hasil Peer Review)
19. Hasil Peer Review Penerapan Metode SQ3R Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi.pdf Download (924kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA dari SMP Negeri 1 Lamuru, semester I, Tahun Akademik 2011/2012 terdiri dari 24 mahasiswa, 13 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dari hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dari kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Lamuru. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari siklus I ke siklus II, yaitu: (1) Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dalam bertanya, membaca, menemukan gambar dari bahan utuh, dan menyebutkan jawaban (2) siswa hasil belajar meningkat yang dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I adalah 63,19 meningkat menjadi 74,86 pada siklus II. Selain itu, peningkatan jumlah siswa dalam katergori tuntas di siklus 1 adalah 41,67% menjadi 83,33% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dari kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Lamuru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | adnan |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:59 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 04:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24315 |
Actions (login required)
View Item |