PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS MELALUI VISUALISASI FILM DALAM MENINGKATKAN RASA KEBERHASILAN KARIR SISWA PEREMPUAN DI SMK NEGERI 3 TAKALAR

YULIANTI (2022) PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS MELALUI VISUALISASI FILM DALAM MENINGKATKAN RASA KEBERHASILAN KARIR SISWA PEREMPUAN DI SMK NEGERI 3 TAKALAR.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

Yulianti. 2013. Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Visualisasi Film Dalam Meningkatkan Rasa Keberhasilan Karir Siswa Perempuan di SMK Negeri 3 Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Drs. Abdullah Pandang, M.Pd. Jurusn Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah rasa keberhasilan karir siswa perempuan yang rendah di SMK Negeri 3 Takalar. Rumusan masalah penelitian ini adalah, (1) Bagaimana gambaran penerapan teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dalam mengintervensi rasa keberhasilan karir siswa perempuan? (2)Bagaimana gambaran rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 Takalar pada kelompok eksperimen dan kontrol? (3) Apakah penerapan teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dapat meningkatkan rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 Takalar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Gambaran penerapan teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dalam mengintervensi rasa keberhasilan karir siswa perempuan. (2) Gambaran rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 Takalar pada kelompok eksperimen dan kontrol. (3) Penggunaan teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dapat meningkatkan rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design terhadap 36 sampel penelitian, masing-masing 18 sampel untuk kelompok eksperimen dan 18 sampel untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas X SMK Negeri 3 Takalar tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dalam mengintervensi rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 Takalar, berjalan sesuai rencana. (2) Gambaran rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 Takalar pada kelompok eksperimen berada pada kategori sedang dan sesudah diberikan teknik modeling Simbolis melalui visualisasi film tingkat rasa keberhasilan karir siswa perempuan berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak dberikan perlakuan tidak ada perubahan yang signifikan. (3) Pemberian teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dapat meningkatkan rasa keberhasilan karir siswa perempuan, artinya teknik modeling simbolis melalui visualisasi film dapat digunakan dalam meningkatkan rasa keberhasilan karir siswa perempuan di SMK Negeri 3 takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:16
Last Modified: 15 Aug 2022 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24264

Actions (login required)

View Item View Item