PENERAPAN TEKNIK SNOWBALL THROWING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKANINTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 24 MAKASSAR

SARTIKA (2022) PENERAPAN TEKNIK SNOWBALL THROWING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKANINTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 24 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (58kB)
[img] Text
SKRIPSIq.docx

Download (179kB)

Abstract

Sartika, 2012. Penerapan Teknik Snowball Throwing dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di SMP Negeri 24 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Kulasse Kanto, M.Pd dan Drs. Muhammad Anas, M.Si Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Snowball Throwing dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di SMP Negeri 24 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran interaksi sosial siswa sebelum dan setelah diberikan teknik snowball throwing dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 24 Makassar? (2) Apakah penerapan teknik snowball throwing dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa di SMP Negeri 24 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran interaksi sosial siswa sebelum dan setelah diberikan teknik snowball throwing dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 24 Makassar (2) Untuk mengetahui apakah teknik snowball throwing dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa di SMP Negeri 24 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design terhadap 30 sampel penelitian, yang merupakan siswa kelas VIII-5 dan VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan t-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Interaksi sosial di SMP Negeri 24 Makassar sebelum diberi perlakuan berupa teknik snowball throwing dalam bimbingan kelompok dari hasil Pretest, berada pada kategori rendah. Dan menunjukkan peningkatan setelah diberi perlakuan yang berada pada kategori tinggi. (2) Penerapan teknik snowball throwing dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa di SMP Negeri 24 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:22
Last Modified: 02 Aug 2022 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24163

Actions (login required)

View Item View Item