PENERAPAN TEKNIK JIGSAW DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PROGRAM STUDI LANJUT SISWA DI SMA NEGERI 1 ENREKANG

WAHYUNI FEBRIANTIWI (2022) PENERAPAN TEKNIK JIGSAW DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PROGRAM STUDI LANJUT SISWA DI SMA NEGERI 1 ENREKANG.

[img] Text
kataa pengatar hmmm.docx

Download (97kB)
[img] Text
INILAH YANG TERBAIKK........!!!!!!!!!!!!!!!!!.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
lampiran 14-15 gain skor.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 21_0nbsevasiQ_.docx

Download (29kB)

Abstract

Wahyuni Febriantiwi. 2012. Penerapan Teknik Jigsaw Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Program Studi Lanjut Siswa di SMA Negeri 1 Enrekang. Dibimbing oleh Drs.H. Kulasse Kanto, M.Pd, dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pengambilan keputusan program studi lanjut di SMA Negeri 1 Enrekang. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi lanjut siswa di SMA Negeri 1 Enrekang, (2) bagaimana tingkat kemampuan pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi lanjut siswa sebelum dan setelah perlakuan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Enrekang, (3) Apakah penerapan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi lanjut siswa SMA Negeri 1 Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi lanjut di SMA Negeri 1 Enrekang, (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi lanjut siswa sebelum dan setelah perlakuan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Enrekang, (3) Untuk mengetahui apakah teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi lanjut di SMA Negeri 1 Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design terhadap 48 sampel penelitian, masing-masing 24 sampel untuk kelompok eksperimen dan 24 sampel untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Enrekang tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan t-Test.Hasil yang penelitian menunjukkan bahwa : (1.) Gambaran penerapan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok yang digunakan dalam meningkatkan pengambilan keputusan pilihan program studi lanjut siswa di SMA Negeri 1 Enrekang melalui 6 sesi yaitu: Siswa berdiskusi potensi diri, Siswa berdiskusi Pengenalan dan pemahaman bakat, Siswa berdiskusi tentang studi lanjut ke perguruan tinggi, Siswa berdiskusi pendidikan di perguruan tinggi, Siswa berdiskusi tentang biografi tokoh sukses), dan Siswa berdiskusi tentang Video karir (Kick Andy- Mengejar Mimpi), (2)Tingkat pengambilan keputusan pilihan program studi lanjut siswa di SMA Negeri 1 Enrekang, dari hasil Pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berada pada kategori rendah. Namun demikian siswa yang telah diberi teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok menunjukkan perubahan dari tingkat pengambilan keputusan pilihan program studi lanjut siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan berupa teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok menunjukkan sedikit perubahan kategori rendah menjadi kategori sedang, (3) Ada pengaruh positif signifikan penerapan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok terhadap tingkat pengambilan keputusan pemilihan program studi lanjut siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Enrekang. Artinya, bagi kelompok siswa yang diberikan perlakuan berupa teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok, pengambilan keputusan pilihan program studi lanjut siswa meningkat, dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak diberikan teknik jigsaw dalam bimbingan kelompok

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:14
Last Modified: 01 Aug 2022 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item View Item