Sudirman, Nur Andini (2016) EFEKTIVITAS KEYWORD MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT ARTI KOSAKATA BAHASA INGGRIS. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Nur Andini Sudirman 2016.docx Download (13kB) |
Abstract
EFEKTIVITAS KEYWORD MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT ARTI KOSAKATA BAHASA INGGRIS Nur Andini Sudirman (nurandini95@gmail.com) Lukman (l_nadjamuddin@yahoo.com) Nur Fitriany Fakhri (fififakhri@aol.com) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Makassar, 90222 Abstrak Kosakata asing adalah hal yang penting untuk diingat oleh individu, namun terkadang individu merasa sulit untuk mengingat kosakata. Individu memerlukan sebuah metode yang dapat membantu untuk mengingat dengan mudah kosakata beserta artinya atau tidak mudah lupa dengan kosakata yang telah dipelajari sebelumnya. Keyword mnemonic merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu individu dalam mengingat kosakata. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan keywords mnemonic terhadap kelompok kontrol. Subjek penelitian ini melibatkan 56 siswa SMP Negeri 13 Makassar yang belum menghapal kosakata bahasa Inggris beserta artinya. Desain eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah control group posttest-only design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan keyword mnemonic dan kelompok kontrol. Kelompok yang menggunakan keyword mnemonic (mean = 1.14) memperoleh hasil lebih tinggi dari kelompok kontrol (mean = -5.14). Penelitian ini bermanfaat bagi individu yang ingin mengingat dengan mudah dan dapat digunakan dalam waktu jangka panjang. Kata kunci: Keyword mnemonic, mengingat, kosakata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | PSIKOLOGI |
Divisions: | FAKULTAS PSIKOLOGI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 07:00 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 07:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2411 |
Actions (login required)
View Item |