PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MATA KULIAH MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

FITRI HIDAYANTI (2022) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MATA KULIAH MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Fitri Hdayanti.docx

Download (90kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap Burning.pdf

Download (8MB)

Abstract

Fitri Hidayanti. 2021. Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Manajemen Pembelajaran Di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Pd dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penggunaan buku digital sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring di era pandemic Covid-19. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengembangan kuikulum, inovasi pembelajaran, dan kualitas maupun kelengakapan sarana dan prasarana.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1)mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap buku digital manajemen pembelajaran, 2) mendeskripsikan tingkat validitas buku digital manajemen pembelajaran, 3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan buku digital manajemen pembelajaran. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (define, design, development, disseminate). Penelitian ini dilakukan di program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yaitu validator isi & dan ahli media, mahasiswa teknologi pendidikan yang berjumlah 20 orang, dan 1 orang dosen pengampuh mata kuliah. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi isi dan konstruk, angket validasi media, angket respon mahasiswa dan angket tanggapan dosen pengampuh. Hasil validasi isi dan konstruk berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil validasi media berada pada kualifikasi baik pula. Uji coba kepraktisan dilakukan terhadap dua sasaran pengguna, yaitu respon mahasiswa berada pada kualifikasi baik dan tanggapan dosen pengampuh berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa buku digital valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada Mata Kuliah Manajemen Pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Digital, Manajemen Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:46
Last Modified: 21 Jul 2022 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item