NURHIKMAWATI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADAMATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA 1 DI SMAN 7 SINJAI KABUPATEN SINJAI.
Text
Jurnal Media Pembelajaran hikma.pdf Download (240kB) |
|
Text
1 SAMPUL.pdf Download (117kB) |
|
Text
2. PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
|
Text
3 Pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (280kB) |
|
Text
4 MOTO.pdf Download (173kB) |
|
Text
5 Abstrak.pdf Download (188kB) |
|
Text
6 PRAKATA.pdf Download (199kB) |
|
Text
7 Daftar Isi.pdf Download (91kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (91kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (272kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (268kB) |
|
Text
9.DAPUS.pdf Download (93kB) |
|
Text
20. Lampiran Uji Coba Luas.pdf Download (872kB) |
|
Text
21. Lampiran Tanggapan Guru.pdf Download (406kB) |
|
Text
23. Dokumentasi Penelitian.pdf Download (4kB) |
|
Text
24. Kegiatan Identifikasi Kebutuhan Siswa.pdf Download (428kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12kB) |
Abstract
Nurhikmawati, 2019, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA 1 Di SMAN 7 Sinjai Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Arnidah, S.Pd, M.Si dan Dr.Farida Febriati, S.S., M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana kebutuhan pengembangan Media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA di SMAN 7 Sinjai Kabupaten Sinjai, 2) Bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA di SMAN 7 Sinjai Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui tingkat kebutuhan pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA di SMAN 7 Sinjai Kabupaten Sinjai, 2) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA di SMAN 7 Sinjai Kabupaten Sinjai.Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu jabaran dari model ADDIE yang dikembangkan oleh Lee,W.W., Owens, D.L yang kemudian diadaptasi oleh peneliti, model ADDIE ini sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang runtut. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan Media pembelajaran interaktif sebab model ini memiliki langkah-langkah yang terperinci. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: Analisis (analysis), desain (design),Pengembangan (Development),Implementasi (Implimentation) dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain dan media pembelajaran, ahli isi atau materi media pembelajaran, siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 7 Sinjai dan guru Mata Pelajaran Biologi. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli desain dan media, ahli isi/materi tersebut dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran interaktif valid digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi. Hasil dari uji coba terbatas, hasil uji coba luas, dan hasil tanggapan guru Mata Pelajaran Biologi, maka dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada Biologi. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Biologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23974 |
Actions (login required)
View Item |