PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS TERPADU KELAS VIIMTS. MUHAMMADIYAH TANETEA KABUPATEN JENEPONTO

RAHMAT SYAMSUL TABARIS (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS TERPADU KELAS VIIMTS. MUHAMMADIYAH TANETEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9 - Analisis Data Statistik.pdf

Download (418kB)
[img] Text
10- Titik Persentase Tabel DB.pdf

Download (305kB)
[img] Text
11 - DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN (Autosaved).pdf

Download (619kB)
[img] Text
12 - RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12kB)

Abstract

Rahmat Syamsul Tabaris, 2019, Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa IPS Terpadu Kelas VII MTs. Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abd. Haling, M.Pd dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Bagaimana gambaran model Discovery Learning dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs. Muhammadiyah Tanetea; 2) Bagaimana gambaran Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII MTs. Muhammadiyah Tanetea; 3) Apakah ada pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivvasi Belajar Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Tanetea pada mata pelajaran IPS Terpadu?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan menggambarkan proses penelitian yang dilakukan sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Eksperimen yaitu penelitian yang hanya menggunakan 1 kelas sampel sebagai objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 53 orang yang terdiri atas 27 perempuan dan 26 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A yang dipilih menggunakan Probability Sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling, yaitu teknik bila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proposional, karena hasil belajar siswa yang merata dan perbandingan jumlah siswa yang relatif hampir sama. Selanjutnya pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada perbedaan positif Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Discovery Learning dalam kegiatan pembelajaran kelas VII MTs. Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:08
Last Modified: 20 Jul 2022 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23964

Actions (login required)

View Item View Item