NASRUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MAKHORIJUL HURUF HIJAIYYAH PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
1.Sampul Nasrul.pdf Download (56kB) |
|
Text
2. Persetujuan Pembimbing.pdf Download (96kB) |
|
Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.pdf Download (106kB) |
|
Text
4. Pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. MOTTO.pdf Download (72kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text
7. PRAKATA.pdf Download (73kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) |
|
Text
8.2. Daftar Gambar.pdf Download (23kB) |
|
Text
8.2. Daftar Gambar.pdf Download (23kB) |
|
Text
8.3. Daftar Lampiran.pdf Download (25kB) |
|
Text
9. Bab I.pdf Download (85kB) |
|
Text
10.Bab II.pdf Download (188kB) |
|
Text
11.Bab III.pdf Download (140kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (97kB) |
|
Text
16.8 Lampiran judul penelitian.pdf Download (240kB) |
|
Text
16.10 Lampiran dokumentasi.pdf Download (713kB) |
|
Text
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (31kB) |
Abstract
NASRUL, 2019, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H. S.Pd M.Si dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sulitnya mahasiswa memahami materi pelajaran. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah kebutuhan media video pembelajaran makhorijul huruf menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?.Bagaimanakah tingkat validitas media video pembelajaran makhorijul huruf menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?.Bagaimanakah tingkat kepraktisan media video pembelajaran makhorijul huruf menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model yang dikembangkan oleh Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip (2001), karena model ini sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang relatif sederhana serta memiliki sub komponen yang dijelaskan secara detail subjek penelitian Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan media interaktif sebab model ini membahas secara khusus setiap komponen dari media. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang validator yang terdiri dari ahli media pembelajaran dan ahli isi atau materi media pembelajaran, mahasiswa teknologi pendidikan yang berjumlah 27 orang serta 1 tanggapa dosen mata kuliah pendidikan agama islam Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli media dan desain serta ahli isi/materi tersebut serta hasil dari uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta hasil dari tanggapan dosen mata kuliah, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:00 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23931 |
Actions (login required)
View Item |