PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 2 BANTAENG

ANDI SYARIF HIDAYATULLAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 2 BANTAENG.

[img] Text
1.SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (71kB)
[img] Text
2 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
4.Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (16kB)
[img] Text
5.MOTO & peruntukan.docx

Download (14kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
7.PRAKATA fix.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI noFIX.docx

Download (26kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.docx

Download (17kB)
[img] Text
9.DAFTAR BAGAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
1. BAB I FIX - SIAP PRINT.docx

Download (33kB)
[img] Text
2.BAB II SIAP PRINT.docx

Download (68kB)
[img] Text
3. BAB III FIX - SIAP PRINT.docx

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REVISI I.docx

Download (22kB)
[img] Text
14. NILAI KETUNTASAN HASIL BELASAR TES AKHIR.docx

Download (20kB)
[img] Text
15. MEDIA PEMBELAJARAN.docx

Download (11MB)
[img] Text
16. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (66kB)

Abstract

ANDI SYARIF HIDAYATULLAH. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Febriati, SS, M.Si dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng. Jenis peneltian ini merupakan penelitian R&D yang tujuannya untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pada mata pelajaran biologi dengan pokok pembahasan sistem pernapasan. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Bantaeng yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 114 siswa. sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 28. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi media berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, hasil Kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil belajar tes awal sebelum menggunakan media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat rendah dan Hasil belajar tes akhir setelah menggunakan media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media yang dikembangkan ini valid, praktis, efektif serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 05:47
Last Modified: 19 Jul 2022 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item