PENGARUH PENGGUNAAN EDRAW MIND MAP 7 TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

NUR RAHMAH.A (2022) PENGARUH PENGGUNAAN EDRAW MIND MAP 7 TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (33kB)
[img] Text
1 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (104kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (16kB)
[img] Text
4 MOTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (52kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
12 ANALISIS DATA STATISTIK FIX.docx

Download (27kB)
[img] Text
13 Tabel db.docx

Download (20kB)
[img] Text
14 Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (30kB)

Abstract

Nur Rahmah.A. 2017. Pengaruh Penggunaan Edraw Mind Map 7 Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Amir, M.Pd. dan Dr. Abdul Hakim, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, dalam pembelajaran guru jarang menggunakan media pembelajaran berbasis IT, sehingga ketertarikan siswa terhadap pembelajaran menjadi berkurang serta masih terdapat sebagian siswa yang tidak memperhatikan materi, bermain, dan pembelajaran menjadi monoton. Hal ini membuat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu penggunaan media Edraw Mind Map 7. Berangkat dari hal tersebut maka Rumusan masalah yang diangkat yaitu (1) Bagaimana gambaran penggunaan Edraw Mind Map 7 pada mata pelajaran Biologi kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa, (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Edraw Mind Map 7 pada mata pelajaran Biologi kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa, (3) Bagaimanakah pengaruh penggunaan Edraw Mind Map 7 terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan Edraw Mind Map 7 pada mata pelajaran Biologi kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa, (2) Mendeskripsikan hasil belajar Biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa yang diajar dengan menggunakan Edraw Mind Map 7, (3) Menguji pengaruh penggunaan Edraw Mind Map7 terhadap hasil Biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 89 orang dan sampel berjumlah 46 orang siswa yang terdiri dari 23 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIIc dan 23 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VIId. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan Edraw Mind Map 7 terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pallangga.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item View Item