PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PROGRAM ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMK NEGERI 2 MAKASSAR

MUHAMMAD AKBAR (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PROGRAM ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMK NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
0 Sampul.doc

Download (35kB)
[img] Text
1 Sampul 2.doc

Download (36kB)
[img] Text
2 Persetujuan Pembimbing Skripsi Skripsi.doc

Download (173kB)
[img] Text
5 Abstrak.doc

Download (32kB)
[img] Text
7 Daftar Isi.doc

Download (37kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.doc

Download (53kB)
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka.doc

Download (133kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (40kB)
[img] Text
4 HASIL OBSERVASI SISWA I.doc

Download (169kB)
[img] Text
5 HASIL OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.doc

Download (60kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Akbar. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Program Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMK Negeri 2 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abd. Hakim, S.Pd, M.Si. dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makssar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru sehingga munculnya verbalisasi dan pembelajaran menjadi monoton, dengan begitu pemanfaatan media pembelajaran interaktif Adobe Flash diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif. Berangkat dari hal tersebut maka Rumusan masalah yang diangkat yaitu “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media interaktif Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X SMK Negeri 2 Makassar?” sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media interaktif dengan menggunakan program Adobe Flash pada mata pelajaran matematika kelas X SMK Negeri 2 Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas X jurusan TKJ di SMK Negeri 2 Makassar yang berjumlah 68 orang siswa dengan sampel 34 orang siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 orang siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) 1 sebagai kelas kontrol, penentuan sampel tersebut menggunakan teknik Sampling Proposive yang didasari pada pertimbangan tertentu. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan media interaktif Adobe Flash dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X SMK Negeri 2 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:49
Last Modified: 14 Jul 2022 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23808

Actions (login required)

View Item View Item