PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AURORA 3D PRESENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 12MAKASSAR

IMAM MALIK (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AURORA 3D PRESENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 12MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.doc

Download (47kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.docx

Download (45kB)
[img] Text
PENGESAHAN yang bagus.doc

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR ISI masih erbaikan.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK ujian tutup.doc

Download (30kB)
[img] Text
Bab I.doc

Download (57kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (167kB)
[img] Text
10 Dokumentasi.doc

Download (4MB)
[img] Text
2 SKENARIO PEMBELAJARAN Pertemuan 1 eksprimen.doc

Download (46kB)
[img] Text
2 SKENARIO PEMBELAJARAN Pertemuan 1 KONTROL.doc

Download (46kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (134kB)

Abstract

Imam Malik. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Aurora 3D Presentation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih dominan menggunakan metode konvensional. Hal ini terlihat guru terlalu sering menggunakan metode caramah dan dalam memaparkan materi media yang digunakan berupa papan tulis putih dan spidol, sehingga muncullah verbalisasi karena kurangnya variasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, bahkan dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran berbasis IT sama sekali, sehngga ketertarikan siswa terhadap pembelajaran menjadi berkurang serta masih terdapat sebagian siswa yang tidak memperhatikan materi, bermain, dan pembelajaran menjadi monoton. Hal ini membuat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu penggunaan media presentasi. Salah satu software yang dapat menampilkan media presentasi yaitu media Aurora 3D Presentation. Berangkat dari hal tersebut maka Rumusan masalah yang diangkat yaitu (1) Bagaimanakah penerapan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar, (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Bagaimana penerapan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar yang berjumlah 44 orang dan sampel berjumlah 44 orang siswa yang terdiri dari 22 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIIIb dan 22 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VIIIa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:43
Last Modified: 13 Jul 2022 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23795

Actions (login required)

View Item View Item