PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATPELAJARANPENDIDIKANKEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMPMUHAMMADIYAH 12 MAKASSAR

KARTINI PUSPITA SARI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATPELAJARANPENDIDIKANKEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMPMUHAMMADIYAH 12 MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Depan.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Rangkuman 1-5 dan Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

KARTINI PUSPITA SARI. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Drs. H. Abd. Karim H. Ahmad, M.Pd dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. sebagai pembimbing II. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar terkhusus media presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media presentasi prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendektan kuantitatif dan jenis penelitian ini eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media presentasi prezi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammdiyah 12 Makassar yang berjumlah 120 orang dan sampel berjumlah 80 orang siswa yang terdiri dari 40 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan di kelas VIII-B dan 40 orang siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VIIIA. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media presentasi prezi dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penggumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media presentasi prezi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 12 Makassar, artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media presentasi prezi lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media presentsi prezi. Rekomendasi penelitian adalah guru hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih menarik dan efektif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:10
Last Modified: 07 Jul 2022 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item