PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MEMANFAATKAN FACEBOOK SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS X 1 SMA NEGERI 1 TANETE RILAUKABUPATEN BARRU

Andi Muhammad yusuf (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MEMANFAATKAN FACEBOOK SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS X 1 SMA NEGERI 1 TANETE RILAUKABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL AND DAFTAR ISI SKRIPSI(ANDI MUHAMMAD YUSUF).docx

Download (45kB)
[img] Text
SKRIPSI ANDI MUHAMMAD YUSUF.docx

Download (3MB)

Abstract

Andi Muhammad yusuf, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Memanfaatkan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Di Kelas X1 SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd dan Arnidah, S.Pd.,M.Si. ; Program Studi S1 jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah”Apakah ada pengaruh pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X1 di SMA Negeri 1 Tanete Rilau?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X1 di SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau dengan jumlahsiswa 192 orang, yang terbagi menjadi 6 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dari hasil pengacakan, terpilih satu kelas yakni kelas X1 dengan catatan bahwa semua kelas merupakan kelas homoge (pembagian siswa dibagi secara merata tidak berdasarkan peringkat atau ranking siswa), yang memiliki tingkat pemahaman dan kesadaran belajar lebih baik dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 24 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X1 di SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Hal ini terlihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil t hitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum memamfaatkan facebook sebagai media pembelajaran ( pretest) dengan hasil belajar siswa setelah memamfaatkan facebook sebagai media pembelajaran (posttest) pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X1 di SMA Negeri 1 Tanete Rilau.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:30
Last Modified: 05 Jul 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item View Item