Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 3 Pendopo Kab.Empat Lawang Sumatera Selatan

Esa, Esa and Nyompa, Sukri and Hadasiah, Hadasiah (2022) Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 3 Pendopo Kab.Empat Lawang Sumatera Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3), 4 (2). pp. 334-343. ISSN ISSN (Print) : 2684-9860, ISSN (online) : 2684-8384

[img] Text (Jurnal)
Jurnal - Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 3 Pendopo Kab.Empat Lawang Sumatera Selatan.pdf

Download (440kB)
[img] Text (Peer Review)
peerreview.pdf

Download (630kB)
Official URL: https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengangkat permasalahan: 1) Bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar sejarah oleh siswa kelas IX SMPN 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang tahun pelajaran 2020/2021 ? dan 2) Adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar sejarah terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang tahun pelajaran 2020/2021 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar sejarah oleh siswa kelas IX SMPN 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang tahun pelajaran 2020/2021, dan 2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar sejarah terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang dengan populasi siswa kelas IX. Sampel penelitian proporsinal random sampling. Variabel beda dalam penelitian ini adalah Penggunaan internet sebagai sumber belajar sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik regresi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam kategori cukup baik sedangkan motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi. Dari hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung = 19,607 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang tahun pelajaran 2020/2021. Saran yang dapat dapat diajukan terkait hasil penelitian ini, yaitu: 1) Perlunya peningkatan frekuensi dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi belajar, dan akhirnya akan diperoleh wawasan yang luas dan hasil belajar yang optimal, 2) Pihak guru, hendaknya memberikan penugasan-penugasan yang menuntut siswa mencari informasi melalui internet, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya, dan 3) Pihak Sekolah dapat memberikan fasilitas internet secara gratis melalui pembangunan jaringan hotsort, sehingga siswa dapat dengan mudah memanfaatkan internet dan motivasi belajarnya menjadi meningkat

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Sukri Nyompa
Date Deposited: 05 Jul 2022 05:48
Last Modified: 05 Feb 2023 16:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23676

Actions (login required)

View Item View Item