FAUZIAH KAMARUDDIN (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERCERITA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NO. 12 INP.TELLUMPANUAE KECAMATAN MALLAWA KABUPATEN MAROS.
Text
Syarat S.Pd.docx Download (90kB) |
|
Text
skripsi.docx Download (93kB) |
Abstract
Fauziah Kamaruddin, 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bercerita Berpasangan Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamata Mallawa Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd dan Dra.Hj.Sumartini, M.Pd. Jurusan Kurikulum dan Teknologi pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini menelaah penerapan pembelajan kooperatif tipe bercerita berpasangan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Masalah utama penelitian ini adalah(1.)Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan, (2.)Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan,(3.)Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini yaitu: (1.)Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan.(2.)Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan.(3.)Untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros.Penelitian ini adalah pre-eksperimen terhadap 30 subjek penelitian yang menggunakan satu kelas yaitu kelas IV, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes.Analisis data mengunakan analisis deskriptif.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1.) Hasil belajar sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan dikategorikan cukup (2.) Hasil belajar setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan dikategorikan baik (3) Ada perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan kooperatif tipe bercerita Fauziah Kamaruddin, 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bercerita Berpasangan Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD No.12 Inpres Tellumpanuae Kecamata Mallawa Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd dan Dra.Hj.Sumartini, M.Pd. Jurusan Kurikulum dan Teknologi pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:53 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23669 |
Actions (login required)
View Item |