Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar

YUSRIANI, YUSRIANI and Arsyad, Muhammad and Arafah, Kaharuddin (2020) Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar. In: Seminar Nasional Fisika PPs UNM.

[img] Text
Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berba.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Hasil Telaah Kedua Pakar.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/semnasfisika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif bertujuan menganalisis kesulitan guru, faktor-faktor penghambat, dan upaya mengatasi kesulitan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek di SMAN Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam model pembelajaran berbasis proyek yakni, alokasi waktu yang dibutuhkan melampaui jam pelajaran, ketersediaan alat dan bahan terbatas, guru masih asing dengan sintaks model pembelajaran berbasis proyek, dan guru kurang dapat menentukan proyek yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun faktor-faktor penghambat yakni, membutuhkan biaya yang cukup banyak, guru tidak pernah mendapatkan pelatihan terkait model pembelajaran berbasis proyek, tidak tersedia LKPD berbasis proyek, guru merangkap jabatan, administrasi guru banyak, peserta didik tidak mandiri, dan penilaian menghabiskan banyak waktu. Upaya mengatasi kesulitan guru yakni, pengerjaan proyek yang belum rampung di sekolah dilanjutkan di rumah, guru harus kreatif dan inovatif memanfaatkan sumber daya, pemanfaatan TIK untuk monitoring, merancang LKPD berbasis proyek, pemanfaatan TIK untuk penilaian, dan pemberian tambahan alokasi waktu. Kata kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Berbasis Proyek, Fisika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
FMIPA
Depositing User: Dr. Kaharuddin Arafah
Date Deposited: 29 Jun 2022 12:04
Last Modified: 29 Jun 2022 12:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item View Item