Parewang, Hendriska and Yani, Ahmad and Arafah, Kaharuddin (2018) Pengaruh Metode Pictorial Riddle Terhadap Pengaruh Konsep Fisika pada Peserta Didik SMAN 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14 (2). pp. 15-22. ISSN 1858-330x
Text
ENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMAN 8 MAKASSAR.pdf Download (333kB) |
|
Text
Penilaian pakar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik setelah diajar mengunakan metode pictorial riddle dan secara konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Makassar pada tahun ajaran 2016/2017, yang melibatkan (metode pictorial riddle dan pembelajaran konvensional) sebagai variabel bebas dan pemahaman konsep fisika sebagai variabel terikat pada materi elatisitas dan gerak getaran. Pada akhir perlakuan eksperimen dilakukan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Rata-rata skor pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan metode pictorial riddle adalah 12,53 pada kategori rendah dan peserta didik yang diajar secara konvensional adalah 11,53 pada kategori rendah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan metode pictorial riddle dan yang diajar secara konvensional pada taraf nyata α = 0,05. Kata kunci : Metode pictorial riddle, pemahaman konsep fisika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1) |
Depositing User: | Dr. Kaharuddin Arafah |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 12:04 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 12:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23568 |
Actions (login required)
View Item |