NURUL HASANAH (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DI SD NEGERI 3 UNGGULAN KOTA PAREPARE.
Text
SKRIPSI NURUL HASANAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
NURUL HASANAH, 2019. Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare. Skripsi dibimbing oleh. Prof. Dr. H, Ismail Tolla, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran implementasi manajemen kelas dalam meningkatakan mutu pembelajaran di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare, (2) Apakah yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 3 guru kelas VI. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Implementasi manajemen kelas dalam meningkatakan mutu pembelajaran di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare menerapkan (1) pengelolaan fisik dan (2) pengelolaan siswa, Pengelolaan kelas yang bersifat fisik ini meliputi pengadaan AC (suhu ruangan) dan pengaturan intensitas cahaya, tempat duduk siswa, metode pembelajarn, media pembelajaran dan lain-lain sebagai inventaris kelas. Pengelolaan siswa, Pengelolaan siswa yaitu berkaitan dengan pemberian stimulus dalam rangka membangkitkan dan mempertahankan kondisi motivasi siswa untuk secara sadar berperan aktif dan terlibat dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Manifestasinya dapat berbentuk kegiatan, tingkah laku, suasana yang diatur atau diciptakan oleh guru dengan memberikan stimulus kepada siswa seperti ikut serta berperan aktif dalam proses pendidikan dan pembelajaran secara penuh. Pengelolaan siswa yang meliputi membina dan membimbing siswa, menetapkan hubungan emosional, mempertahankan minat dan perhatian siswa, menciptakan tata tertib dan displin di dalam kelas. Sedangkan faktor pendukung manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare adalah kondisi fisik kelas dan faktor penghambat dalam implementasi manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Parepare adalah faktor keluarga.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 01:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 01:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23478 |
Actions (login required)
View Item |