ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SDN 299 PASAKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE

A.HASLINDAH (2022) ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SDN 299 PASAKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

A. haslindah. 2016 Analisis Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Di SDN 299 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Skripsi di bimbing oleh Drs. M. Bachtiar, M. Si dan Dr.Andi Nurochmah, M.Pd. Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah SDN 299 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah SDN 299 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dan bagaimanakah hasil pelaksanaan supervisi klinis di SDN 299 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah SDN 299 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dan mengetahui hasil pelaksanaan supervisi klinis di SDN 299 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, Mulai dari tahap pertemuan pendahuluan, observasi kelas, dan diskusi balikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas yang pernah melakukan supervisi klinis berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan supervisiklinis di SDN 299 Pasaka mulai dari pertemuan pendahuluan,observasi kelas, dan tindak lanjut sudah terlaksana dengan cukup baik, karena masih ada beberapa guru yang merespon baik akan manfaat yang di dapatkan dari supervisi klinis ini namun masih banyak pula guru yang merespon buruk akan pelaksanaan supervisi klinis ini, karena menilai bahwa pelaksanaan supervisi akan menilai kinerja mengajar mereka. maka dari perlu adanya sosialisasi yang mendalam yang diberikan oleh guru agar mereka mengetahui tujuan supervisi klinis yang sebenarnya. 2) Hasil pelakasnaan supervisi klinis di SDN 299 Pasaka dapat dilihat mulai dari tahap pertemuan pendahuluan berupa keputusan kontrak antara guru dengan kepala sekolah,tahap observasi kelas dimana kepala sekolah mengamati pengajaran dan mengumpulkan data-data terkait performansi guru tersebut yang akan di bahas pada tahap tindak lanjut , dan tahap tindak lanjut berupa kesimpulan yang diberikan oleh kepala sekolah setelah melihat kinerja guru pada saat observasi kelas berdasarkan format yang sudah dibuat dan disetujui oleh guru yang bersangkutan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:08
Last Modified: 09 Jun 2022 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item