PELATIHAN SELF-TALK POSITIF UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNM

Asdin, Ahsani (2016) PELATIHAN SELF-TALK POSITIF UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNM. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ahsani Asdin.docx

Download (14kB)

Abstract

PELATIHAN SELF-TALK POSITIF UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNM Ahsani Asdin (ahsani.asdin@yahoo.com) Lukman (l_nadjamuddin@yahoo.com) Faradillah Firdaus (ilafirdaus@yahoo.com) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Self-talk merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kecemasan berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self-talk positif dalam mengurangi kecemasan berbicara di depan umum. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa Fakultas Psikologi UNM yang dimasukkan dalam satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 5 orang subjek. Data diperoleh dengan Skala Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan hasil yang signifikan, U = 0, p = ¬0,009, hal tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan kecemasan antara subjek yang diberi pelatihan self-talk positif dengan subjek yang tidak diberi pelatihan self-talk positif. Hasil analisis hipotesis kedua menunjukkan bahwa hanya kelompok eksperimen yang mengalami penurunan kecemasan secara signifikan, W = -2,023, p = 0,043, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan penurunan kecemasan yang tidak signifikan, W = -0,271, p = 0,786. Hal tersebut membuktikan bahwa ada perbedaan penurunan tingkat kecemasan antara mahasiswa yang diberi pelatihan self-talk positif dengan mahasiswa yang tidak diberi pelatihan self-talk positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan self-talk positif efektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah agar pelatihan self-talk positif dapat digunakan untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan berbicara di depan umum yang terjadi pada masyarakat, khususnya mahasiswa yang baru beradaptasi dengan lingkungan yang lebih aktif dalam hal berbicara di depan umum. Kata kunci: Self-talk positif, kecemasan berbicara di depan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2017 06:14
Last Modified: 03 Apr 2017 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item