PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

MILASRI (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL, DAFTAR ISI DAN KAWAN2.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAG 1 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAG 7 RIWAYAT HIDUP MILA.docx

Download (37kB)

Abstract

Milasri, 2015. Pelaksanaan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah di SMK Negeri 3 Makassar Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd dan Dra. Nirmala, S.Pd, M.Si . Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan supervisi pengajaran di SMK Negeri 3 Makassar. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran pelaksanaan supervisi pengajaran kepala sekolah di SMK Negeri 3 Makassar? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan supervisi pengajaran kepala sekolah di SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah guru serta kepala sekolah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pengajaran di SMK Negeri 3 Makassar dalam hal perencanaan, yaitu tentang isi perencanaan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan supervisi pengajaran dan faktor-faktor yang diperlukan dalam perencanaan supervisi pengajaran, pelaksanaan supervisi pengajaran yaitu, tentang pengumpulan data, penilaian, deteksi kelemahan, memperbaiki kelemahan, dan bimbingan pengembangan, serta tahap evaluasi, yaitu tentang evaluasi pelaksanaan supervisi pengajaran, evaluasi tentang guru yang disupervisi dan evaluasi terhadap prestasi hasil belajar siswa setelah gurunya mendapatkan supervisi, dapat dinyatakan telah terlaksana dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan supervisi pengajaran di SMK Negeri 3 Makassar dilaksanakan dengan objektif dan menyeluruh serta dalam pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:52
Last Modified: 21 Apr 2022 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23100

Actions (login required)

View Item View Item