INTERAKSI SOSIAL ALUMNI PONDOK PESANTREN (StudiKasus Pada Alumni PondokPesantren Al-Markaz Al-Islamy DarulIstiqomahKabupatenSinjai)

NURUL QISTHI (2022) INTERAKSI SOSIAL ALUMNI PONDOK PESANTREN (StudiKasus Pada Alumni PondokPesantren Al-Markaz Al-Islamy DarulIstiqomahKabupatenSinjai).

[img] Text
LAMPIRAN DEPAN FIX.docx

Download (62kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (25kB)
[img] Text
Pengesahan Ujian Tutup 2.docx

Download (83kB)
[img] Text
isi Skripsi.doc

Download (273kB)
[img] Text
Lampiran FIX 2.doc

Download (14MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (137kB)

Abstract

NURUL QISTHI, 2015,Interaksi Sosial Alumni Pondok Pesantren (Studi Kasus Pada Alumni Pondok Pesantren Al-Markaz Al-Islamy Darul Istiqomah Kabupaten Sinjai). Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si. dan Suardi, S.Pd. M,Pd.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. PenelitianinimenelaahInteraksiSosial Alumni PondokPesantrenAl-Markaz Al-IslamyDarulIstiqomahKabupatenSinjai.Permasalahanpenelitianiniadalah: (1)Bagaimanakah proses assosiatifdalaminteraksisosialalumnipesantrenAl-Markaz Al-Islamy Darul Istiqomah Kabupaten Sinjai? (2)Bagaimanakah proses disosiatifdalaminteraksisosialalumnipesantrenAl-Markaz Al-Islamy Darul Istiqomah Kabupaten Sinjai?.Tujuanpenelitianiniadalah: (1)Untukmengetahui proses assosiatifdalaminteraksisosialalumnipesantrenAl-Markaz Al-Islamy Darul Istiqomah Kabupaten Sinjai. (2)Untukmengetahui proses disosiatifdalaminteraksisosialalumnipesantrenAl-Markaz Al-Islamy Darul Istiqomah Kabupaten Sinjai. Teknik yang digunakanuntukpengumpulan data dalampenelitianiniadalahwawancara, dokumentasi dan observasi. Temuanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa: Interaksi sosial alumni pondok pesantren (Studi kasus pada alumni pondok pesantren Al-Markaz Al-Islamy Darul Istiqomah Kabupaten Sinjai) masih terjalin silaturahim yang baik di antara pihak pesantren dengan alumni santri dan antar sesama alumni santri, dilihat dari proses assosiatif serta proses dissosiatif. (1)Proses assosiatif ditandai dengan masih adanya saling kerjasama antar pihak pesantren dengan alumni santri sehingga tali ukhuwah di antara mereka tetap terjalin dengan baik. (2)Proses dissosiatif, dengan adanya pemahaman yang diberikan oleh pihak pesantren tentang pentingnya persaingan secara sehat sangat memberikan kontribusi yang baik bagi alumni.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:07
Last Modified: 06 Apr 2022 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22771

Actions (login required)

View Item View Item