Efektivitas Penerapan Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar

BUDI, ARIF (2016) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK ARIF BUDI. 2016.Efektivitas Penerapan Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar (dibimbing oleh Alimuddin, dan Hisyam Ihsan). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menerapkan pembelajaran TAPPS serta mendeskripsikan hasilnya terkait dengan pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 27 Makassar yang terdiri dari 358 siswa dan tersebar dalam 10 kelas paralel, sedangkan sampel penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas VII.1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran TAPPS yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar matematika, kemampuan berpikir kritis matematis siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan respons siswa terhadap perangkat serta pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data hasil belajar matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran TAPPS terlaksana dengan sangat baik; (2) hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa pembelajaran TAPPS memenuhi kriteria keefektifan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika ditinjau dari aspek (a) skor rata-rata aktivitas siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70% aspek pengamatan berada pada kriteria waktu ideal; (b) skor rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan pembelajaran TAPPS lebih tinggi dari 74,9 berada pada kategori sedang, skor rata-rata gain ternormalisasi lebih tinggi dari 0,29 berada pada kategori tinggi dan ketuntasan klasikal lebih tinggi dari 79,9%; (c) skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah penerapan pembelajaran TAPPS lebih tinggi dari 74,9 berada pada kategori kritis, skor rata-rata gain ternormalisasi lebih tinggi dari 0,29 berada pada kategori tinggi, dan ketuntasan klasikal lebih tinggi dari 79,9%; (d) skor rata-rata respons siswa lebih tinggi dari 3,4 dan berada pada kategori positif. Berdasarkan tingkat keefektifan dari empat indikator yaitu aktivitas siswa, hasil belajar matematika siswa, kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan respons siswa, dengan demikian secara umum pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. ABSTRACT ARIF BUDI. 2016. The Effectiveness of The Implementation of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Learning in Mathematics of Class VII Students at SMPN 27 in Makassar (supervised by Alimuddin and Hisyam Ihsan). The research was experiment was which aimed to implement TAPPS learning and described the results related to mathematics learning of class VII students at SMPN 27 Makassar. The population of research were all students in class VII at SMPN 27 Makassar consisted of 358 students spread in 10 parallel classes. The sample of the research consisted of one class of class VII.1 with the total of 35 students as the exsperiment class taught by using TAPPS learning chosen by employing cluster random sampling technique. The data or research consisted of the students’ mathematics results, the students’ mathematics critical thinking abilities, the students’ activities in learning, and the students’ responses on learning and device. The data of the students’ activities and responses were analyzed by using descriptive analysis; where as, the data of mathematics learning results and mathematics critical thinking abilities were analysed by using descriptive and inferential analysis. The results of the research showed that (1) TAPPS learning was implemented well; (2) the result of descriptive and inferential analysis showed that TAPPS fulfilled effectiveness criteria to be implemented in mathematics learning based on the aspects of (a) the average score of the students’ activities in each meeting was more than 70% of observation aspect which was in ideal time criteria; (b) the average score of mathematics learning results after the implementatioan of TAPPS learning was higher than 74.9 which was in medium category, the average score of normalized gain was higher than 0.29 which was in high category, and classical completeness was higher than 79.9%; (c) the average score of the students’ mathematics critical thinking abilities after the implementation of TAPPS learning was higher than 74.9 which was in critical category, the average score of normalized gain was higher than 0.29 which was in high category, and classical comleteness was higher than 79.9%; (d) the average of students’ responses was higher than 3.4 in positive category. Based on the efectiveness level based on four indicators, namely students’ activities, students’ mathematics learning results, students’ mathematics critical thinking abilities, and students’ response; thus in general, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning was effective to be impelemented in mathematics learning of class VII students at SMPN 27 in makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:41
Last Modified: 21 Mar 2017 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item